Inilah Perbedaan Antara Mesin Fogging Thermal Dengan Mesin Fogging ULV

Tanggal :11/25/2021 4:01:00 PM Penulis : CV Agro Mesin
Mesin fogging dapat dikategorikan ke dalam dua kategori besar yaitu mesin fogging thermal dan fogging ULV (cold fogger). Meskipun kegunaan kedua jenis fogger ini sama, sebenarnya menggunakan teknik fogging yang cukup berbeda dan juga membutuhkan jenis cairan fogging yang berbeda. Lalu apa saja perbedaan kedua mesin fogging tersebut? Berikut ini akan dijelaskan mengenai perbedaan antara mesin fogging thermal dengan mesin fogging ULV berdasarkan partikel siza, aplikasi dan cara pengoperasiannya!

Inilah Perbedaan Antara Mesin Fogging Thermal Vs Mesin Fogging ULV

1. Partikel Size

Ukuran partikel yang dihasilkan oleh mesin fogging thermal dan mesin fogging ULV akan bervariasi. Mesin fogging thermal akan menghasilkan partikel berukuran/ droplet /tetesan lebih kecil daripada mesin fogging ULV. Ukuran partikel yang dihasilkan fogger thermal  0,5-10 mikron, sedangkan fogger ULV umumnya menghasilkan partikel berukuran 5-30 mikron. Teknik pemanasan yang digunakan mesin fogging termal memungkinkan untuk menghasilkan sangat partikel kecil ukuran 0,5 mikron, yang dapat menembus area yang sangat kecil di dalam dan di luar ruangan. Kabut yang dihasilkan oleh mesin fogging thermal mudah terlihat, yang memungkinkan untuk mengontrol arah kabut dengan lebih baik yang ideal untuk aplikasi luar ruangan. 
Sedangkan mesin fogging ULV (Ultra low Volume) memberikan kabut dingin dengan ukuran partikel dalam kisaran 5-20 mikron. Kabut dingin menggunakan tekanan udara untuk menyemprotkan insektisida dan ditenagai oleh bensin, udara bertekanan, atau listrik. Kurangnya panas membuat mesin cold fogger ini lebih aman untuk penggunaan di dalam ruangan.
Lain halnya mesin fogging ULV yang berbeda akan menghasilkan droplet dengan ukuran yang berbeda, berdasarkan penggunaan fogger. ULV fogger dapat menghasilkan ukuran partikel yang sangat konsisten dan ukuran partikelnya ini dapat disesuaikan dengan mengatur laju aliran. Ini sangat berguna jika ditujukan mengabut area yang berbeda atau menggunakan fogger untuk berbagai tujuan, seperti untuk menghilangkan jamur atau bau tak sedap di dalam ruangan atau membunuh serangga dan hama lain di luar ruangan. Fogger ULV juga membutuhkan lebih sedikit pengencer, sehingga dapat menghasilkan larutan fogging yang lebih pekat, yang membuat beberapa jenis bahan kimia lebih murah untuk digunakan.

2. Aplikasi

Dalam banyak hal penggunaan mesin fogging termal dan mesin fogging  ULV serupa, hal ini dikarenakan dapat menyemprotkan larutan fogging berbasis air atau minyak. Kedua fogger ini dapat digunakan untuk pengendalian hama,  disinfeksi ruangan dan mengendalikan bau dan jamur baik di dalam dan di luar ruangan. Namun, dalam beberapa situasi, satu atau jenis lainnya lebih cocok digunakan. 
Aplikasi Mesin Fogging Thermal
Karena mesin fogging thermal memiliki keunggulan dalam menghasilkan ukuran yang lebih kecil daripada fogger ULV dan mesin kabut ini juga mudah terlihat, membuatnya lebih baik dalam aplikasi seperti:
- Pengendalian nyamuk dan serangga.
 Untuk pengendalian serangga terbaik menggunakan mesin fogging thermal. Tetesan yang lebih kecil tetap tersuspensi lebih lama dan menembus vegetasi lebat lebih baik daripada tetesan yang lebih besar.
- Aplikasi luar ruangan yang terkendali
Kabut yang dihasilkan oleh fogger termal tebal dan mudah terlihat, sehingga dapat lebih mudah mengontrol arah semprotan fogging. Ini akan membuat fogging luar ruangan lebih terkontrol, karena sebagian besar perangkat mesin fogging ULV menghasilkan kabut yang hampir tidak terlihat.
- Fogging area yang terhalang atau tersembunyi.
Karena ukuran partikel yang kecil, kabut yang dihasilkan oleh fogger termal dapat mencapai tempat-tempat yang sangat kecil seperti celah lantai, retakan pada dinding dan tempat serupa di dalam ruangan, atau ke semak belukar yang lebat, rumput panjang, pucuk pohon tinggi dan area luar ruangan lainnya yang sulit dijangkau.
Aplikasi Mesin Fogging ULV
Sebaliknya, mesin fogging ULV tidak menggunakan panas yang berlebihan dalam proses fogging, sehingga dapat digunakan di dalam ruangan tanpa risiko kebakaran. Juga, izinkan untuk menyesuaikan ukuran partikel, sehingga dapat digunakan di lebih banyak aplikasi daripada fogger termal.
- Aplikasi dalam ruangan
Fogger ULV tidak memanas dan dapat digunakan di dalam ruangan.
- Disinfeksi dan pengendalian bau:
Fogger ULV dapat digunakan untuk mendisinfeksi ruang dalam ruangan dan dapat dioperasikan dari jarak jauh.
- Controling Jamur dan Fungisida
mesin fogging ULV dapat digunakan sebagai kontrol jamur dan fungisida di dalam ruangan dan tanaman rumah kaca.

3. Cara Pengoperasian

Dinamakan mesin fogging termal karena mesin memanaskan kumparan di dalam tabung logam, menyebabkan larutan insektisida cair menguap. Kemudian mesin mendorong uap (ratusan tetesan kecil) keluar dan terlihat. Panas untuk fogger termal berasal dari propana atau listrik. Ada dua jenis mesin fogging thermal:
1. Mesin fogging termal gas, memerlukan tabung gas  yang biasanya propana untuk dipasang di mesin.
2. Mesin fogging termal electric, menggunakan listrik atau baterai.
Gas dan fogger bertenaga baterai tanpa kabel, sepenuhnya portabel, dan dapat digunakan di mana saja, sementara beberapa fogger electric tergantung pada panjang kabelnya atau kabel ekstensinya.
Fogger propana lebih mahal karena konsumsi gas daripada electric.
Sedang mesin fogging ULV yang juga disebut cold fogger, tidak menggunakan panas. Dan sebaliknya, mesin kabut ini menghasilkan kabut menggunakan tekanan dengan salah satu dari dua cara sbb:
1. larutan insektisida yang dipompa melalui nosel bertekanan tinggi
2. solusi perlahan dikirim melalui vortex berkecepatan tinggi. Tekanan memecah cairan menjadi tetesan kecil, yang kemudian menyembur keluar sebagai kabut tak terlihat.
Motor biasanya ditenagai oleh listrik atau baterai tetapi beberapa model menggunakan bensin. Operator dapat menyesuaikan ukuran tetesan yang dihasilkan oleh mesin fogging ULV, yang memungkinkan penggunaan yang berbeda. Kurangnya panas membuat fogger ini lebih aman untuk penggunaan di dalam ruangan.

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English